Rabu, 25 Maret 2020

Iklan Pada Televisi

ANALISIS IKLAN TV

NAMA            : RINA CHINTYA D.
NIM                : 170321100004
KELAS           : PERILAKU KONSUMEN – C

"NEO COFFEE"
Kopi neo coffee merupakan salah satu minuman kopi yang dikeluarkan oleh Wings Food. Semenstara itu, wings food sendiri merupakan salah satu perusahan yang ada di Indonesia dimana perusahan ini telah memproduksi dan meluncurkan berbagai produk kebutuhan sehari – hari, seperti makanan, minuman, sabun, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Akan tetapi, salah satu produk terbaru dari perusahaan ini adalah produk minuman “Neo Coffee”. Beberapa hari yang lalu atau sejak adanya teaser iklan produk tersebut, telah banyak orang yang berspekulasi dan penasaran mengapa iklan produk tersebut tidak tuntas ingga akhir (hanya sepintas). Ternayta hal tersebut merupakan salah satu strategi dari pihak wings food dalam meluncurkan gebrakan produk kopi terbarunya. Setelah beberapa hari berlalu, maka pihak dari perusahaan wings food akhirnya memposting sebuah iklan secara tuntas yang berdurasi 30 detik, dimana ternyata pihak wings food menampilkan artis atau member boyband yang berasal dari Korea, yaitu Lucas Wavy sebagai model resmi untuk brand (merk) kopi terbaru mereka ini. Oleh karena itu, banyak sekali spekulasi dari para fans Lucas yang menyatakan bahwa strategi pihak wings food ini merupakan strategi yang tepat karena dinilai ssesuai dengan kondisi pasar ekonomi di Indonesia, yang mana banyak sekali wanita yang menggemari dan menyukai sosok Lucas ini. Serta pihak wings food dinyatakan berhasil bekerja sama dengan salah satu member boyband Korea, karena dalam menjalin kerjasama tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memanggilnya ke Indonesia.
Untuk menciptakan ketertarikan yang lebih mendalam, maka dalam tampilan iklan tersebut, Lucas terlihat mengenakan sweater hoodie perpaduan maroon kuning, serta dia menari dan beberapa kali mengucapkan bahasa Indonesia, misalnya dalam pembukaan yang dibukanya dengan mengucapkan ”Hai ini Lucas” yang dilanjutkan dengan “Gue bosen yang biasa”. Setelah informasi seputar kopi diberikan, di akhir video Lucas juga mengucapkan kalimat yang membuat banyak fans Indonesia tertawa dan geleng – geleng geleng kepala pertanda tidak menyangka akan pelafalan Bahasa Indonesia yang begitu bagus dan fasih, yakni "Cobain, kuy!," sambil memberikan gaya finger heart. Hal tersebut sangat sukses dalam hal penciptaan proses promosie produk iklan minuman, karena mampu memberikan kesan tersendiri dan membuat heboh penggemar lucas dan masyarakat lainnya. Dengan adanya kata kata unik yang diucapkan Lucas, terutama “Cobain, kuy!” tersebut, maka kopi Neo Coffee sangat mudah dikenal oleh masyarakat pada umumnya.
Kopi Neo Coffee milik wings food terdiri dari 2 macam rasa, yaitu rasa caramel machiato dan mocchacino, dimana kedua produk dengan rasa berbeda ini memiliki kemasan yang berbeda pula. Untuk rasa caramel macchiato kemasan berwarna orange dan rasa mocchacino kemasan berwarna merah. Dalam menarik perhatian dan minat masyarakat terlebih kaum wanita, pihak wings food tidak hanya menampilkan dan mendatangkan member terkenal Korea sebagai ambassador kopi asli Indonesia, tapi dalam iklan juga dijelaskan bahwasanya terdapat beberapa gift (hadiah) yang mana hadiah tersebut hanya ada di Indonesia (terbatas), atau dengan kata lain tidak diperjualbelikan di Korea atau negara manapun. Hal ini karena keberadaannya terletak di dalam kemasan kopi neo coffee. Hadiah yang dimaksud adalah photocard (PC) official limited edition yang mana berupa foto dari Lucas yang terdiri atas 5 macam varian foto. Akan tetapi, disamping itu ternyata keberadaan foto ini tidak terdapat di semua kemasan kopi yang diproduksi wings food, melainkan hanya ada di beberapa kemasan saja. Sehingga taktik atau strategi ini cocok dan berhasil memikat minat dari masyarakat terutama penggemasr Lucas di Indonesia.
Selain itu, harga dari produk kopi neo coffee ini juga sangat pas dikantong atau bsia dikatakan termasuk dalam level murah. Pastinya, dengan adanya iklan tersebut, produk minuman dari perusahan wings food sangat laku keras di pasaran. Apalagi ditambah adanya penjelasan bahwa dalam beberapa setiap kemasan terdapat 1 pcs foto Lucas yang didapatkan secara cuma – cuma atau gratis, sehingga ini berhasil menarik minat konsumen, terlebih lagi konsumen yang merupakan penggemar dari Lucas.


"MIE SEDAAP"
Baru – baru ini mie sedaap membuat sebuah gebrakan baru. Produk tersebut menciptakan sebuah cita rasa baru, yaitu Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Dilihat dari tampilan iklan yang ditayangkan di TV sudah membuat semua orang tergoda dan mengundang selera dari masyarakat untuk merasakan cita rasa mie sedap terbaru ini. Apalagi, ditambah kemasannya yang sangat elegan serta terdapat gambar api yang membuat semakin mempertegas rasa pedas dari produk mie tersebut.
Tapi yang membuatnya dicari dan membuat masyarakat penasaran bukan hanya karena produk tersebut memiliki cita rasa baru, akan tetapi juga didukung karena terdapat atau diselipkan nama ‘kekoreaan’, serta didukung juga bintang iklan (ambassador) yang juga merupakan artis dari Korea. Artis top dari Korea Selatan yang berhasil menjadi ambassador dari produk mie sedaap ini adalah Siwon Choi. Strategi yang sangat bagus untuk diterapkan melihat keadaan saat ini, dimana banyak sekali penggemar K-pop yang menggandrungi Siwon Choi ini. Hal ini membuat produk mie sedaap banyak dicari oleh masyarakat terutama para penggemar Siwon.
Pada tayangan iklan yang berdurasi 30 detik, selain menampilkan informasi produk mie sedaap dengan cita rasa baru, tapi juga menampilan wajah Siwon sehingga hal ini akan menarik perhatian dan minat konsumen yang melihatnya. Dijelaskan bahwa produk mie sedaap ini terbagi atas 2 level kepedasan, yaitu level 1 diberi julukan ‘Pedas Nikmat’ dan level 2 diberi julukan ‘Pedas Gila’. Tentunya dengan hal ini, masyarakat akan merasa penasaran seberapa pedas level tersebut. Sasaran dari produk mie sedaap ni adalah seluruh masyarakat yang berumur remaja hingga dewasa dengan tingkat ekonomi menengah keatas. Produk mie sedaap ini juga bisa dikonsumsi oleh penggemar dari Siwon, sehingga nantinya akan mempengaruhi teman dan lingkungan sekitarnya. Dan hal ini akan menimbulkan ketertarikan bagi lingkungan di sekitarnya untuk mengonsumsi produk mie sedaap ini.
Dalam hal pengemasan, produk tidak hanya berbentuk dalam kemasan plastik pada umumnya, akan tetapi juga tersedia dalam bentuk cup atau gelas. Dengan dikeluarkannya produk mie sedaap dengan cita rasa terbaur ini, akan memberi tambahn pengetahuan rasa bagi masyarakat. Ditambang dengan adanya pengaruh ambassador yang berasal dari Korea akan menimbulkan ketertarikan bagi masyarakat umum, khususnya bagi penggemar K-pop atau penggemar si ambassador Siwon.

0 komentar:

Posting Komentar