ANALISIS
IKLAN TV
NAMA
: RINA CHINTYA D.
NIM
: 170321100004
KELAS
: PERILAKU KONSUMEN – C
"NEO COFFEE"
Kopi
neo coffee merupakan salah satu minuman kopi yang dikeluarkan oleh Wings Food.
Semenstara itu, wings food sendiri merupakan salah satu perusahan yang ada di
Indonesia dimana perusahan ini telah memproduksi dan meluncurkan berbagai
produk kebutuhan sehari – hari, seperti makanan, minuman, sabun, dan kebutuhan
rumah tangga lainnya. Akan tetapi, salah satu produk terbaru dari perusahaan
ini adalah produk minuman “Neo Coffee”. Beberapa hari yang lalu atau sejak
adanya teaser iklan produk tersebut, telah banyak orang yang berspekulasi dan
penasaran mengapa iklan produk tersebut tidak tuntas ingga akhir (hanya
sepintas). Ternayta hal tersebut merupakan salah satu strategi dari pihak wings
food dalam meluncurkan gebrakan produk kopi terbarunya. Setelah beberapa hari
berlalu, maka pihak dari perusahaan wings food akhirnya memposting sebuah iklan
secara tuntas yang berdurasi 30 detik, dimana ternyata pihak wings food menampilkan
artis atau member boyband yang berasal dari Korea, yaitu Lucas Wavy sebagai
model resmi untuk brand (merk) kopi terbaru mereka ini. Oleh karena itu, banyak
sekali spekulasi dari para fans Lucas yang menyatakan bahwa strategi pihak
wings food ini merupakan strategi yang tepat karena dinilai ssesuai dengan
kondisi pasar ekonomi di Indonesia, yang mana banyak sekali wanita yang
menggemari dan menyukai sosok Lucas ini. Serta pihak wings food dinyatakan
berhasil bekerja sama dengan salah satu member boyband Korea, karena dalam
menjalin kerjasama tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk
memanggilnya ke Indonesia.
Untuk
menciptakan ketertarikan yang lebih mendalam, maka dalam tampilan iklan
tersebut, Lucas terlihat mengenakan sweater hoodie perpaduan maroon
kuning, serta dia menari dan beberapa kali mengucapkan bahasa Indonesia,
misalnya dalam pembukaan yang dibukanya dengan mengucapkan ”Hai ini Lucas” yang
dilanjutkan dengan “Gue bosen yang biasa”. Setelah informasi seputar kopi
diberikan, di akhir video Lucas juga mengucapkan kalimat yang membuat banyak fans
Indonesia tertawa dan geleng – geleng geleng kepala pertanda tidak menyangka
akan pelafalan Bahasa Indonesia yang begitu bagus dan fasih, yakni "Cobain, kuy!," sambil memberikan
gaya finger heart. Hal tersebut sangat sukses dalam hal penciptaan
proses promosie produk iklan minuman, karena mampu memberikan kesan tersendiri dan
membuat heboh penggemar lucas dan masyarakat lainnya. Dengan adanya kata kata
unik yang diucapkan Lucas, terutama “Cobain, kuy!” tersebut, maka kopi Neo
Coffee sangat mudah dikenal oleh masyarakat pada umumnya.
Kopi Neo Coffee milik wings food
terdiri dari 2 macam rasa, yaitu rasa caramel machiato dan mocchacino, dimana kedua produk
dengan rasa berbeda ini memiliki kemasan yang berbeda pula. Untuk rasa caramel
macchiato kemasan berwarna orange dan rasa mocchacino kemasan berwarna merah. Dalam
menarik perhatian dan minat masyarakat terlebih kaum wanita, pihak wings food
tidak hanya menampilkan dan mendatangkan member terkenal Korea sebagai ambassador
kopi asli Indonesia, tapi dalam iklan juga dijelaskan bahwasanya terdapat
beberapa gift (hadiah) yang mana hadiah tersebut hanya ada di Indonesia
(terbatas), atau dengan kata lain tidak diperjualbelikan di Korea atau negara
manapun. Hal ini karena keberadaannya terletak di dalam kemasan kopi neo
coffee. Hadiah yang dimaksud adalah photocard
(PC) official limited edition yang mana berupa foto dari Lucas yang terdiri
atas 5 macam varian foto. Akan tetapi, disamping itu ternyata keberadaan foto
ini tidak terdapat di semua kemasan kopi yang diproduksi wings food, melainkan
hanya ada di beberapa kemasan saja. Sehingga taktik atau strategi ini cocok dan
berhasil memikat minat dari masyarakat terutama penggemasr Lucas di Indonesia.
Selain itu, harga dari produk kopi
neo coffee ini juga sangat pas dikantong atau bsia dikatakan termasuk dalam
level murah. Pastinya, dengan adanya iklan tersebut, produk minuman dari
perusahan wings food sangat laku keras di pasaran. Apalagi ditambah adanya
penjelasan bahwa dalam beberapa setiap kemasan terdapat 1 pcs foto Lucas yang
didapatkan secara cuma – cuma atau gratis, sehingga ini berhasil menarik minat
konsumen, terlebih lagi konsumen yang merupakan penggemar dari Lucas.
"MIE
SEDAAP"
Baru
– baru ini mie sedaap membuat sebuah gebrakan baru. Produk tersebut menciptakan
sebuah cita rasa baru, yaitu Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Dilihat dari
tampilan iklan yang ditayangkan di TV sudah membuat semua orang tergoda dan
mengundang selera dari masyarakat untuk merasakan cita rasa mie sedap terbaru
ini. Apalagi, ditambah kemasannya yang sangat elegan serta terdapat gambar api
yang membuat semakin mempertegas rasa pedas dari produk mie tersebut.
Tapi
yang membuatnya dicari dan membuat masyarakat penasaran bukan hanya karena
produk tersebut memiliki cita rasa baru, akan tetapi juga didukung karena
terdapat atau diselipkan nama ‘kekoreaan’, serta didukung juga bintang iklan
(ambassador) yang juga merupakan artis dari Korea. Artis top dari Korea Selatan
yang berhasil menjadi ambassador dari produk mie sedaap ini adalah Siwon Choi.
Strategi yang sangat bagus untuk diterapkan melihat keadaan saat ini, dimana
banyak sekali penggemar K-pop yang menggandrungi Siwon Choi ini. Hal ini
membuat produk mie sedaap banyak dicari oleh masyarakat terutama para penggemar
Siwon.
Pada
tayangan iklan yang berdurasi 30 detik, selain menampilkan informasi produk mie
sedaap dengan cita rasa baru, tapi juga menampilan wajah Siwon sehingga hal ini
akan menarik perhatian dan minat konsumen yang melihatnya. Dijelaskan bahwa
produk mie sedaap ini terbagi atas 2 level kepedasan, yaitu level 1 diberi
julukan ‘Pedas Nikmat’ dan level 2 diberi julukan ‘Pedas Gila’. Tentunya dengan
hal ini, masyarakat akan merasa penasaran seberapa pedas level tersebut. Sasaran
dari produk mie sedaap ni adalah seluruh masyarakat yang berumur remaja hingga
dewasa dengan tingkat ekonomi menengah keatas. Produk mie sedaap ini juga bisa
dikonsumsi oleh penggemar dari Siwon, sehingga nantinya akan mempengaruhi teman
dan lingkungan sekitarnya. Dan hal ini akan menimbulkan ketertarikan bagi
lingkungan di sekitarnya untuk mengonsumsi produk mie sedaap ini.
Dalam hal pengemasan,
produk tidak hanya berbentuk dalam kemasan plastik pada umumnya, akan tetapi
juga tersedia dalam bentuk cup atau gelas. Dengan dikeluarkannya produk mie
sedaap dengan cita rasa terbaur ini, akan memberi tambahn pengetahuan rasa bagi
masyarakat. Ditambang dengan adanya pengaruh ambassador yang berasal dari Korea
akan menimbulkan ketertarikan bagi masyarakat umum, khususnya bagi penggemar
K-pop atau penggemar si ambassador Siwon.
0 komentar:
Posting Komentar